Berbagi materi hasil presentasi minggu kedua materi ketiga nih teman-temaaaan :D
Smoga bermanfaat yaa :)
Pembukaan tentang evaluasi bidang pemasaran nih….
Dari materi yang saya dapat tadi nih, evolusi bidang pemasaran ada 3 :Yang pertama adalah era produksi. Era produksi ini berlangsung sampai
awal tahun 1900an. Yang kedua adalah era penjualan yang berlangsung
dari tahun 1950 sampai 1980an. dan yang terakhir adalah era kosep
pemasaran yang berlangsung selama 30 tahun dari 1950 sampai 1980an.
Selanjutnya adalah konsep pemasaran. Konsep pemasaran (marketing concept) ini memiliki 3 bagian.
1. Orientasi pelanggan. Maksud dari orientasi pelangan disini adalah
bagaimana produsen menemukan apa yang diinginkan konsumen dan
menyediakannya bagi mereka.
2. Orientasi jasa. Orientasi jasa disini dimana produsen harus
memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mencapai kepuasan pelanggan.
3. Orientasi laba. Produsen harus fokus pada barang dan jasa yang
akan menghasilkan laba terbanyak dan membuat organisasi melakukan
perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan konsumen.
Kemudian, memperhatikan bauran pemasaran disini juga penting untuk
membangun hubungan dengan pelanggan. Apakah bauran pemasaran? Bauran
pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran seperti
produk, harga, tempat, dan promosi.Untuk menerapkan proses pemasaran yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah menemukan peluang. Kita harus jeli dalam hal ini karena ini akan sangat berpengaruh kepada
bisnis yang akan kita jalankan kedepannya. Yang kedua yaitu melakukan penelitian
tentang bagaimana kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dengan
barang yang akan kita produksi di pasaran. Selanjutnya adalah mengidentifikasi pasar sasaran supaya barang produksi kita banyak laku di pasaran. Kemudian ada lagi, desain produk. Bagaimanapun juga, hal yang membuat konsumen merasa tertarik adalah kemasan yang menarik, iklan yang kreatif, dll. Pengujian produk
juga sangat diperlukan karna kita harus benar-benar tau bahwa barang
yang kita produksi baik dikonsumsi masyarakat sehingga barang yang kita
produksi memiliki tempat dihati masyarakat. Kemudian yang juga termasuk
dalam langkah proses pemasaraan, kita juga harus menetukan merek, desain & harga
yang akan kita gunakan supaya barang yang kita produksi mudah dikenali
oleh masyarakat. Selain itu, hal yang tidak kalah penting dalah memilih sistem distribusi yang akan kita aplikasikan kepada masyarakat, juga merancang program promosional sehingga barang yang kita hasilkan tidak kalah saing dengan barang lain, dan juga membangun hubungan dengan pelanggan agar pelanggan percaya pada produk yang kita tawarkan sehingga mereka akan menjadi pelanggan tetap kita. Untuk desain produk sendiri kita akan melalui 3 tahapan. Produk itu
sendiri berarti barang fisik, jasa, ataupun ide yang berfungsi sebagai
alat pemuas kebutuhan plus berfungsi meningkatkan kualitas produk di
mata konsumen. Tahapan pertama yang harus dilalui adalah uji konsep.
Salah satu cara uji konsep adalah dengan cara kita mengembangkan
deskripsi akurat tentang usaha yang akan kita kembangkan, lalu kita
melakukan observasi kepada masyarakat sekitar. Apabila kita mendapat
respon positif, maka konsep tersebut dapat kita terapkan dalam usaha
kita. Selanjutnya uji pasar, seperti yang telah
dijelaskan di proses pemasaran, tepatnya di subbab mengidentifikasi
pasar sasaran. Dan yang terakhir adalah nama merk juga seperti yang telah dijelaskan di proses pemasaran. Sebagai produsen, kita tidak bisa menetapkan harga dengan sembarang.
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan harga
jual barang. Diantaranya adalah : biaya tambahan yang digunakan,
berbasis nilai, kompetitif, peningkatan, peluncuran, diskon, kerugian
pemimpin, dan psikologis. Setelah harga ditetapkan, selanjutnya adalah bagaimana kita menjaga
ketetapan harga ditengah persaingan-persaingan pasar yang terjadi. Kemudian juga keputusan tempat yang berpengaruh terhadap daya jual
produk kita. Kita bisa menjual produk itu secara langsung, maksudnya
adalah kita berinteraksi langsung dengan konsumen. Kemudian pengecer
penjualan, persediaan ukuran logistik, dan cakupan pasar yang terdiri
atas cakupan pasar intensif, selektif, dan eksklusif. Untuk melakukan proses pemasaran pada penelitian pemasaran, setidaknya ada empat langkah :
1. Mendefinisikan pertanyaan
2. Mengumpulkan data
3. Menganalisi data penelitian
4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
Untuk mencegah banyaknya kesalahan yang terjadi pada proses pemasaran, ada 5 hal yang bisa kita lakukan :
1. Menempatkan orang yang bertanggung jawab.
2. Memberikan setiap orang metode pengumpulan data
3. Mengenali data yang benar
4. Memusatkan data
5. Menggunakan data.
Kemudian ada lagi yang melancarkan proses pemasaran yaitu dengan
menggunakan sumber pilihan informasi untuk riset pemasaran. Sumber
informasi ini sendiri dibagi menjadi 2, yaitu sumber primer dan sumber
sekunder. Sumber primer sendiri terdiri atas penelitian, kelompok fokus,
wawancara, pengamatan, survei online, kuesioner, dan komentar pelanggan.
Sedangkan sumber sekunder terdiri atas terbitan pemerintahan, terbitan
komersial, majalah, surat kabar, dan sumber internal. Untuk hal ini, akan sangat menarik untuk diperhatikan oleh wanita
sebagai introspeksi diri, mengapa seharusnya pemasaran itu untuk wanita?
Disini akan dijelaskan beberapa alasan. Alasan pertama adalah karena
wanita mengontrol 80% dari seluruh pengeluaran rumah tangga. Yang kedua
karena wanita membeli 81% dari semua produk dan jasa yang diproduksi. Yang ketiga adalah 80% dari semua cek yang ditulis itu ditandatangani
oleh wanita. Kemudian karena 85% dari semua mobil dipengaruhi oleh
wanita. Yang terakhir adalah karena pada tahun 2005, 4,7 juta wanita
adalah wiraswasta.
Ada 2 jenis pasar yang berbeda.Yang pertama adalah pasar konsumen
yang terbagi lagi menjadi 2 macam, yaitu Niche (jenis segmen tertentu
dalam pasar) dan one-to-one (fokus kepada konsumen). Yang kedua adalah
pasar B2B (Bisnis ke bisnis).Pasar B2B lebih besar daripada pasar
konsumen karena barang-barang sering dijual dan dijual lagi bebeapa kali
dalam proses B2B sebelum barang tersebut dijual ke konsumen akhir.
Yang akan dibahas selanjutnya mengenai target pemasaran.
Target pemasaran yang dilakukan konsumen diantaranya meliputi geografis
(wilayah), demografis (jumlah oendidikan), Psikografis (gaya hidup),
manfaat, dan volume.Pengaruh prilaku pada konsumen yang juga berpengaruh terhadap
pemasaran adalah kultur, kelompok refrensi, ketidakcocokan kognitif,
subkultur, dan pembelajaran.
Dilain pihak, yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan konsumen
diantaranya adalah Pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, tempat,
promosi), pengaruh psikologis (Persepsi, sikap, pembelajaran, motivasi),
pengaruh sosiokultural (kelompok refrensi, keluarga, kelas sosial,
kultur, subkultur), dan yang terakhir pengaruh situasional (tipe
pembelian, keadaan sosial, keadaan fisik, pengalaman sebelumnya). Sebagai pebelajaran, kita harus melakukan perencanaan bisnis dengan
menjawab pertanyaan yang diberikan oleh diri kita sendiri, seperti “Apa
yang baik kita lakukan dan yang tidak baik kita lakukan?”, “Apa yang
benar-benar kita jual?”, “Kepada siapa kita menjual?”, “Bagaimana kita
mencapai sasaran?”, “Bagaimana kita bisa menerobos kekacauan?” dll…
Kali ini materinya cukup banyak yaa, sekian duluu deh..
Kalo ada yang kurang lengkap atau kurang memuaskan hati, tolong dimaafkan :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar