Jumat, 07 Desember 2012

ARTIKEL MANAJEMEN INOVATIF DI MASA SULIT


Mungkinkah inovasi di masa sulit ?
Berikut adalah artikel dan pembahasannya.
Lemahnya perekonomian Amerika Serikat akibat krisis subprime mortgage tentunya mempengaruhi kinerja perusahaan-perusahaan AS dan dunia. Inflasi yang semakin tinggi juga semakin mempersulit keadaan. Salah satu implikasi yang dimiliki perusahaan adalah menekan biaya dengan cara mengurangi inovasi. Namun ternyata tidak semua perusahaan menerapkan langkah ini, antara lain Blackberry dan Amazon.
Blackberry
Research in Motion (RIM) adalah perusahaan yang berada di balik BlackBerry yang fenomenal. Berbeda dengan perusahaan lain yang menekan biaya riset, BlackBerry justru tetap berkomitmen pada riset. Mike Lazaridis, pendiri RIM yang juga menjabat sebagai co-chief executive officer, mengungkapkan bahwa jika Anda ingin menciptakan sesuatu yang bersifat sustainable dan inovatif maka Anda harus berinvestasi pada R&D. Sustainable innovation dapat diperoleh jika Anda membangun budaya yang tepat, berinvestasi pada fasilitas yang sesuai, dan memberi inspirasi pada karyawan. Hasilnya tentu berbeda dengan seandainya Anda memperoleh ide, kemudian memaksimalkan value dengan menekan biaya saja. Oleh karena itu, untuk menciptakan sustainable innovation, membutuhkan invetasi R&D dalam jumlah yang besar pula.
Yang menarik dari Blackberry adalah, pengujian inovasi mereka lakukan sendiri. Seluruh karyawan di perusahaan menggunakan produk, sehingga mereka merasakan langsung pengalaman dengan produk. Sehingga feedback yang diperoleh valid karena mereka berlaku langsung sebagai konsumen.
Amazon.com
Senada dengan apa yang diungkapkan oleh Mike Lazaridis, Jeff Bezos. CEO Amazon, mengungkapkan bahwa tidak ada yang namanya waktu buruk untuk berinovasi. Baik itu masa yang bagus maupun sedang sulit, maka sudah seharusnya Anda tetap berinovasi, dan tentunya inovasi akan berada di sekitar apa yang diinginkan oleh pelanggan. Bagi Amazon, itu adalah sebuah belief/kepercayaan tersendiri.
Model bisnis Amazon yang mereka yakini kesuksesannya adalah inovasi. Sehingga inovasi seolah-olah sudah menjadi nafas bagi mereka. Amazon secara konsisten terus bergerak ke kategori baru, dengan pasar yang baru.
Tidak hanya inovasi besar, Jeff Bezos kepada BusinessWeek mengungkapkan bahwa mereka juga melakukan inovasi atau perubahan tiap harinya. Ini penting, karena menjadikan operasional mereka lebih efisien, sehingga biaya lebih rendah dan mereka bisa menawarkan harga lebih terjangkau kepada pelanggan. Yang jelas, inovasi Amazon selalu customer-focused.
Kesimpulan
Intinya, bagi beberapa perusahaan, inovasi adalah penting, karena itu membuat mereka ‘stay in the business’ atau dalam kata lain menjaga keunggulan kompetitif. Inovasi diyakini sebagai kunci penting dalam memenangkan pasar. Sehingga, meskipun kondisi perekonomian tengah sulit, maka inovasi tetaplah berjalan. (RP)
Mengapa inovasi penting?
Karena inovasi dalam produk,layana,sistem management,proses produksi,nilai-nilai perusahaan dan aspek lain dari organisasi merupakan factor yang mengubah perusahaan tumbuh,berubaah,dan berhasil.
Tanpa inovasi tiada satu perusahaan pun di Negara berkembang terutama china dan india telah membuat cemas banyak pereusahaan barat.dilingkungan global ini ,perusahaan harus lebih banyak,cepat berinovasi di bandinkan sebelumnya.
Dimanagement pun telah merubah penekanan mereka pada inovasi untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi kompetitif dari bergeser terus-menerus pada biaya pengendalian terhadap investasi di masa depan.
Inovasi mencakup:
1. New produk
2. Layana
3. Teknologi mengendalikan biaya unvestasi di masa depan nilai perusahaan
Definisi management
Manager adalah fungsi ksekutif organisasi yang bertanggung jawab untuk membangun dan mengoordinasikan seluruh sistem dan bukan mengerjakan tugas-tugas tertentu.artinya dari pada mengerjakan sendirian semua pekerjaan, manager yang handal menciptakan sistem dan kondisi yang memungkonkan orang lain mengerjakan pekerjaan tersebut.
Management adalah pencapaian tujuan-tujuan organisasi secara efektif dan efisiesi melalui perencanaan,pengelolaan,kepemimpinan dan pengendalian sumber organisasi.
management atau manager ini sangat penting karena sangat berpengaruhi® terhadap organisasi atau perusahaan sebab apabila managemenet atau manager tidak aktif,berfungsi maka organisasi ayau perusahaan tidak akan berjalan dan mencapai tujan.sehingga organisasi atau perusahaan memilih manager atau management samgat teliti dan professional agar mendapatkan manager atau management yang handal agar organisasi atau perusahaan bisa menacapai tujuaannya.
Empat fungsi management
1. Perencanaan yaitu mengidentifikasi berbagai tujuan untuk kinerja organisasi di masa mendatang serta memutuskan tugas dan penggunaan sumber daya yang di perlukan untuk mencapaianya.
2. Pegelolaan yaitu fungsi management yang mencakup penentuan tugas,pengelompokan tugas dan pengalokasian sumber daya di seluruh perusahaan.
3. Kepemimpinan yaitu fungsi management yang mencakup penggunaan pengaruh untuk memotifasi karyawan guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.
4. Pengendalian yaitu fungsi management yang memonitor aktivitas karyawan,menentukan apakah organisasi sejalan dange tujuannya,dan membuat koreksi jika diperlukan
Kinerja organisasional
Organisasi menjdi bagian dari masyarakat,dan para manager bertanggung jawab untuk memastikan agar sumber daya yang ada digunakan secara bijak guna mencapai tujuan-tujuan organisasional.
Sedangkan pengertian dari organisasi adalah suatu entitas sosial yang di arahkan oleh tujuan dan di bangun secara sengaja.Efektifitas adalah sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang di tetapkan,atau berhasil mencapai apa pun yang coba dikerjakannya.efisiensi adalah penggunaan sumber daya yang minimal(bahan baku,uang dan manusia) uantuk menghasilkian jumlah kaluaran yang di inginkan.
Semua manager harus memperhatikan biya,tetapi pemangkasan biaya® secara besar-besaran untuk meningkaykan efisiensi terkadang untuk mengganggu efektifitas organisasi.
Tanggung jawab terbesar para manager adalah untuk mencapai kinerja (performance) tinggi,yakni pencapaian tujuan-tujua orgnisasional dengan menggunakan sumber daya secara efisiens dan efektif.
Keterampilan management
Meskipun setiap keterampilan yang diperlukan di tingkat yang berbeda dalam organisasi bias berbada,semua manager harus memiliki semua jenis keterampilan tersebut agar dapat bekerja secara efektif.
1. Keterampilan konseptual adalah kemapuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan hubungan bagiannya.keterampilan ini mencakup pemikiran,pemrosesan informasi,dan kemampuan perencanaan manager.
2. Keterampilan interpersonal adalah kemampuan manager untuk bekerja dengan dan melalui orang lain serta bakerja secara efektif sebagai anggota tim.keterampilan ini tercermin lewat kemapuan manager untuk berhubungan dengan orang lain,termasuk kemampuan,memotifasi,memfasilitasi,mengoordinasikan,memimpin,mengomunikasikan serta menyelesaikan konflik.
3. Keterampilan teknis adalah pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu.keterampilan ini mencakup penguasaan metode,teknik,dan peralatan yang di gunakan dalam fungsi-fungsi tertentu seperti rekayasa,manufaktur atau keuangan.
sumber :
http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/603/70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar