Selasa, 11 Desember 2012

Perumusan dan Pelaksanaan Strategi

BERPIKIR STRATEGIS
Pemikiran strategis berarti menggunakan perspektif jangka panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dan lingkungan kompetitif, serta memikirkan keselarasan antara keduanya. Pada organisasi bisnis, perencanaan strategi biasanya berkaitan dengan tindakan-tindakan kompetitif di pasar.

APAKAH MANAJEMEN STRATEGIS ITU?
Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang digunakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian kompetitif antara perusahaan dengan lingkungan sehingga dapat mencapai tujuannya. Para manajer mengajukan pertanyan-pertanyaan berikut :

  • Perubahan dan tren apa yang terjadi di lingkungan yang kompetitif?
  • Siapa saja pesaing kita dan apa kekuatan dan kelemahan mereka?
  • Siapa saja pelanggan kita?
  • Produk atau jasa apa yang harus kita tawarkan dan bagaimana kita dapat menawarkannya dengan cara paling efektif?
  • Hal-hal apa yang akan dihadapi oleh industri kita di masa depan dan bagaimana kita bisa mengubah aturan yang ada?
Jawaban dari semua pertanyaan ini membantu para manajer untuk membuat keputusan dalam menempatkan perusahaan mereka di lingkungan terhadap para pesaingnya.

Tujuan Strategi
Langkah pertama manajemen strategis adalah mendefinisikan strategi secara eksplisit, yakni rencana tindakan yang menerangkan tentang alokasi sumber daya serta berbagai aktivitas untuk menghadapi lingkungan,  memperoleh keunggulan bersaing, dan mencapai tujuan perusahaan. Strategi tentu saja berubah seiring waktu sesuai dengan kondisi lingkungan, namun agar tetap kompetitif, perusahaan membuat strategi yang berfokus kepada kompetensi dasar, mengembangkan sinergi, dan menciptakan nilai bagi pelanggan.

Tingkatan Strategi
Para manajer strategis biasanya berpikir dalam kerangka tiga tingkatan strategi :
  • Strategi tingkat perusahaan : Pada bidang apa kita bergerak?
  • Strategi tingkat usaha : Bagaimaan cara kita bersaing?
  • Strategi tingkat fungsi : Bagaimana kita mendukung strategi tingkat usaha?
PROSES MANAJEMEN STRATEGIS
Proses manajemen strategis diawali dengan evaluasi yang dilakukan para manajer terhadap posisi perusahaan sekarang terkait misi, tujuan, dan strateginya, Mereka kemudian memindai lingkungan internal dan eksternal perusahaan serta mengenali faktor-faktor strategis yang perlu diubah. Berbagai peristiwa di lingkungan internal maupun eksternal menandakan perlunya mengubah misi atau tujuan, atau perlunya merumuskan strategi baru di tingkat perusahaan, usaha, dan fungsi. Langkah terakhir proses manajemen strategis adalah menerapkan strategi baru. 

Perumusan Versus Pelaksanaan Strategi
Perumusan strategi dapat mencakup evaluasi masalah-masalah di lingkungan internal maupun eksernal dan integrasi hasil evaluasi tersebut ke dalam tujuan strategi. Proses ini berkebalikan dengan pelaksanaan strategi, yaitu penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan strategis. Para manajer dapat menggunakan persuasi, peralatan baru, perubahan struktur perusahaan, atau perubahan sistem imbalan untu memastikan para pegawai dan sumber daya digunakan untuk mewujudkan strategi.

Analisis SWOT
Analisis SWOT mencakup upaya-upaya untuk mengenali kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan. 
Kekuatan dan Kelemahan Internal. Kekuatan adalah karakteristik internal positif yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan kinerja strategisnya, sedangkan kelemahan adalah karakteristik internal yang dapat menghambat atau membatasi kinerja perusahaan.
Kekuatan dan Ancaman Eksternal. Kekuatan adalah karakteristik lingkungan eksternal yang berpotensi membantu perusahaan mencapai atau melampaui tujuan strategisnya. Ancaman adalah karakteristik lingkungan eksternal yang menghambat perusahaan mencapai tujuan strategisnya. 

MERUMUSKAN STRATEGI TINGKAT PERUSAHAAN

Strategi Portofolio
Strategi protofolio berkaitan dengan gabungan unit usaha dan lini produk berpadu secara logis untuk memberikan sinergi dan keunggulan bersaing bagi perusahaan. 

Matriks BCG
Matriks BCG menempatkan perusahaan dalam dua dimensi : tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar.
Bintang melambangkan usaha dengan panga pasar besar di industri yang berkembang pesat.
Cash cow melambangkan usaha industri yang matang dan lambat pertumbuhannya, tetapi menjadi usaha dominan dengan pangsa pasar yang besar. 
Tanda tanya melambangkan usaha di industri baru yang berkembang pesat, namun pangsa pasarnya kecil.
Anjing melambangkan usaha berkinerja rendah dengan pangsa pasar yang kecil dan pertumbuhan yang lambat.


Strategi Diversifikasi
Strategi diversikasi adalah ketika strategi beralih ke jenis usaha baru.

MERUMUSKAN STRATEGI TINGKAT USAHA

Lima Kekuatan Kompetitif Porter
Kekuatan-kekuatan ini membantu menentukan posisi perusahaan versus pesaingnya di dunia industri


1. Potensi pesaing baru
2. Daya tawar pembeli
3. Daya tawar pemasok
4. Ancaman produk pengganti
5. Persaingan antar kompetitif


Strategi Kompetitif
Untuk mengetahui daya saingnya di setiap kekuatan, disarankan agar perusahaan menggunakan satu dari tiga strategi : diferensiasi, kepemimpinan biaya, atau fokus.
  • Diferensiasi.Strategi diferensiasi melibatkan upaya untuk membedakan produk atau layanan perusahaan dengan produk atau layanan perusahaan lain
  • Kepemimpinan biaya. Dengan strategi kepemimpinan biaya, perusahaan berusaha keras mencari fasilitas-fasilitas yang efisien, mengurangi biaya, dan mengontrol produksi dengan ketat agar lebih efisien dari pesaingnya.
  • Fokus. Melalui strategi fokus, perusahaan berkonsentrasi untuk pasar wilayah atau kelompok pembeli tertentu. 
TREN BARU DI BIDANG STRATEGI
Perusahaan-perusahaan mengalami histeria merger dan akuisisi selama beberapa tahun terakhir. Dewasa ini, pergeseran nyata yang terjadi cenderung ke arah peningkatan kemampuan perusahaan sebagai metode utama pertumbuhan dan inovasi. Tren terkini lain adalah penggunaan kemitraan strategis sebagai alternatif merger dan akuisisi

STRATEGI GLOBAL
Banyak perusahaan yang beroperasi secara global dan menggunakan strategi lain sebagai fokus usahanya. Para eksekutif senior mencoba merumuskan strategi yang koheren untuk memungkinkan sinergi antar-usaha internasional guna mencapai tujuan bersama. Beberapa perusahaan dapat berusaha untuk mencapai integrasi global maupun daya respons nasional melalui strategi transnasional

Strategi Global 
  • Memandang dunia sebagai pasar global tunggal
  • Melakukan standardisasi produk/strategi pengiklanan global
Strategi Ekspor
  • Berorientasi domestik
  • Mengekspor sejumlah kecil produk domestik ke negara-negara tertentu
Strategi Transnasional
  • Bertujuan menyeimbangkan efisiensi global dan daya respons lokal
  • Menggabungkan standardisasi dan penyesuaian produk/strategi pengiklanan
Strategi Multidomestik
  • Menangani pasar di setiap negara secara terpisah
  • Menyesuaikan produk/pengiklanan dengan selera dan kebutuhan lokal
  PENERAPAN STRATEGI
Langkah terakhir dalam proses manajemen strategis adalah penerapan strategi, yaitu bagaimana strategi diterapkan atau dilaksanakan. Penerapan strategi mengharuskan seluruh aspek perusahaan agar selaras dengan strategi dan upaya masing-masing individu dikoordinasikan untuk mencapai tujuan strategis. Sejumlah saran dalam menetapkan strategi :
  • Kepemimpinan : Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar menunjukkan perilaku baru yang diperlukan dalam menerapkan strategi
  • Rancangan struktural : Terkait dengan tanggung jawab para manajer, tingkat kewenangan mereka, serta konsolidasi dari berbagai fasilitas, departemen, dan divisi
  • Sistem informasi dan kendali : Mencakup sistem imbalan, gaji, anggaran untuk alokasi sumber daya, sistem teknologi informasi, serta peraturan, kebijakan, dan prosedur perusahaan.
  • Sumber daya manusia : Bertugas untuk merekrut, menyeleksi, melatih, memindahkan, mempromosikan, dan memecat pegawai dalam upaya mencapai tujuan strategis.

2 komentar:

  1. Selamat Tahun Baru semuanya,

    Nama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  2. Perusahaan pinjaman Rossa stanley itu nyata, legit, tulus penyayang


    Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika iya, jangan khawatir lagi karena @ ROSSA STANLEY perusahaan pinjaman, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan hassle free loan kepada individu-individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan bunga sebesar 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Dipastikan bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. . Hubungi kami melalui layanan pelanggan kami

    N: B Tolong jangan hubungi kami jika anda belum siap untuk mendapatkan modal ventura anda
      
      Email: rossastanleayloancompany@gmail.com
      Viber: +15186756750
      Instagram: Rossamikefavor
      Twitter: Rossastanlyloan
      Facebook: rossa stanley nikmat

    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi, Kami tersedia 24/7
                                                   
                                                       DATA PEMOHON:

    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Agama
    11. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika iya memberi alasan
    12.Date of Birth

    BalasHapus