Kamis, 13 Desember 2012

ARTIKEL PERUMUSAN DAN PELAKSANAAN STRATEGI


Dari beberapa kelemahan dan tantangan yang dihadapi, perlu dirumuskan secara matang dengan harapan bisa berubah jadi potensi yang mendorong pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang tertib, taat peraturan perundang-undangan, transparan dan bertanggung jawab.
Supaya ada kesinambungan dalam pencapaian visi, misi dengan nilai yang diharapkan, perlu dilakukan identifikasi mitra kerja, baik internal maupun ekternal, termasuk pula stakeholders yang berhubungan langsung dengan implementasi dan rekomendasi yang dihasilkan dalam kebijakan publik, baik dari segi sosial, ekonomi, politik dan stabilitas kepercayaan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah dan pembangunan di kabupaten Kaimana, terutama yang relevan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban daerah.

Faktor yang anda perlu lakukan untuk melaksanakan kegiatan merchant partner antara lain :

  1. Pelajari segmentasi pasar dari produk usaha anda (bagaimana cara mempelajari dan menentukan segmentasi pasar dapat anda temukan dalam katagori kumpulan tips usaha maupun katagori pesan dari ARN, jika anda merasa belum lengkap, kami akan ulas tentang hal ini di postingan artikel khusus CARA MEMPELAJARI DAN MENENTUKAN SEGMENTASI PASAR PRODUK USAHA
  1. Buat peta area wilayah sebaran calon merchant. Idealnya sebagai usaha UKM yang baru saja berdiri dan bersifat lokal dimana outletnya belum tersebar merata di kota-kota di Indonesia. Peta area wilayah sebaran calon merchant bisa dimulai dalam radius maksimum 5 KM dari lokasi usaha anda, dan bila telah dikenal anda dapat meluaskan peta wilayah sebaran calon merchant partner usaha anda berikutnya menjadi radius 10 KM atau lebih namun tetap berada dalam 1 propinsi. Kenapa demikian ? Pastinya pasar yang masuk dalam katagori produk usaha anda dalam 1 propinsi saja sudah cukup banyak bukan. Namun mereka tersebar di berbagai penjuru wilayah yang ada. Sehingga bila anda memiliki keterbatasan biaya promosi untuk menyampaikan propaganda iklan melalui spanduk, poster, iklan radio, tv lokal, serta media cetak lokal..kenapa tidak anda mulai melakukan kegiatan merchant partner ini, dengan melakukan ini seperti yang sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya, anda membidik pasar langsung di tempatnya sehingga energi, waktu, dan biaya dapat di efisensikan dan dioptimalkan bukan ?
  1. Tentukan merchant yang memiliki kesamaan segmentasi pasar dalam peta sebaran calon merchant yang anda buat dalam radius tersebut. Maksudnya ??? Ya, bila anda memiliki pasar pelanggan khusus remaja putri, maka carilah mitra yang memiliki segmentasi pasar ada remaja putrinya juga, bila segmentasi pasar anda adalah mahasiswa/i, maka carilah mitra yang juga memiliki segmnetasi pasar mahasiswa/i, begitu juga bila segmentasi pasar anda orang tua, eksekutif, dengan status ekonomi & sosialnya A/B/C. Namun jangan dulu bermitra dengan yang memiliki kesamaan jenis usaha & produk yang dijual dengan usaha anda. Kenapa ? Merchant partner bukanlah sebuah metode yang tepat bla anda mau melakukan kerjasama dengan pemilik usaha lain dengan produk usaha yang sama dengan usaha anda. Semakin anda bisa memiliki kesamaan segmentasi pasar yang di bidik dengan calon mitra merchant anda, maka semakin besar kemungkinannya kerjasama ini bisa dilaksanakan, dan keuntungannya adalah peluang pelanggan mitra anda datang dan membeli produk usaha anda, dan begitu pula sebaliknya.Buat komplimen/kontraprestasi yang akan anda berikan kepada merchant partner anda.Komplimen/kontraprestasi merupakan jembatan dari keberhasilan disepakati atau tidaknya kerjasama antara anda dengan calon merchant partner anda. Komplimen/kontraprestasi bisa berbentuk :


  • Diskon khusus berupa voucher/dll bagi pelanggan merchant partner anda untuk bisa mendapatkan & menggunakan produk dari usaha anda
  • Layanan tambahan yang bisa diberikan kepada pelanggan merchant partner anda bila membeli/memanfaatkan produk usaha anda
  • Diskon spesial bagi para pegawai/staff merchant partner anda, diskon disini diberikan lebih berbeda dibandingkan diskon bagi pelanggannya
  • Layanan spesial bagi para pegawai/staff merchant partner anda
  • Space promosi ; yaitu peluang kepada merchant partner anda untuk bisa menempatkan media promosinya di lokasi usaha anda. Media promosi bisa seperti katalog produk, brosur, leaflet, promo card
  • Pembuatan media promosi ; yaitu anda membuatkan sarana media promosi yang bersikan pesan iklan kegiatan ini untuk bisa di display di lokasi usaha anda maupun merchan partner anda. Media promosinya bisa berbentuk : mini sign board, spanduk, banner, poster, leaflet, TVC, dll
  • Logo placement ; yaitu menempatkan logo merchant partner anda pada media promosi tersebut di atas
  • dll
5. Siapkan kotraprestasi yang sama yang bisa anda dapatkan melalui kegiatan ini. Kontraprestasi               yang anda ajukan haruslah bersifat win-win sesuai dengan kontraprestasi yang merchant partner anda dapatkan dari anda.
6. Siapkan surat penawaran kerjasama merchant partner ini.
Isi surat singkat, jelas, tegas dan padat. Anda tidak perlu membuat sebuah proposal untuk menyertainya asalkan isi surat sudah bisa menggambarkan maksud, tujuan, benefit, serta teknis kerjasama merchant partner ini.
7. Tuangkan dalam bentuk kontrak kesepakatan kerjasama merchant partner.
Hal-hal apa saja yang telah tertera di surat penawaran termasuk dengan perubahan (penambahan/pengurangan isi kerjasama) kemudian anda tuangkan dalam sebuah kontrak kerjasama yang menyertakan batas waktu kerjasama berlangsung.

Sumber : http://nickyyusnandapermata.blog.perbanas.ac.id/2011/11/22/artikel-bab7-perumusan-dan-pelaksanaan-strategi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar